Kamu Wajib Tahu Daftar Limbah Berbahaya Dalam Rumah

Sanowae-Limbah identik dengan pabrik. Padahal, limbah tidak hanya dihasilkan pabrik, bahkan setiap orang pasti menghasilkan limbah. Tanpa disadari kamu pasti pernah membuang barang yang termasuk limbah berbahaya dalam rumah 

Apa Saja Jenis-Jenis Limbah Berbahaya Dalam Rumah?

Image source; uprint.id


Ide 1

Sejak listrik ditemukan rasanya manusia tidak bisa terpisah dari penemuan tersebut. Sudah terbukti bahwa sekarang tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa listrik, apa lagi tanpa adanya lampu listrik.

Setiap hari kamu berada di bawah penerangan cahaya lampu listrik. Hingga saat ini kamu aman-aman saja. Namun, ternyata lampu yang menerangimu setiap hari mengandung merkuri. 

Kamu pasti pernah mendengar kosmetik abal-abal yang mengandung merkuri. Para dokter kulit sangat tidak menyarankan untuk menggunakan kosmetik tersebut karena sedikit saja merkuri yang menyentuh kulit, dampaknya akan fatal.

Sekarang bayangkan jika bola lampu bekas kamu buang sembarangan, lalu tukang sampah maupun pemulung menyentuh pecahan bola lampu, kejadian tersebut tentu sangat berisiko  bagi mereka.

Bukan hanya itu, jika ternyata sampah bola lampu tersebut sampai ke sungai bahkan laut, dapat dipastikan air di sungai dan laut akan tercemar merkuri. 

Ide 2

Kalau kamu sering memperhatikan label/tulisan pada baterai sekali pakai seperti baterai senter, remote TV, dan mouse maupun pada baterai isi ulang seperti baterai HP dan laptop, pasti terdapat label peringatan agar tidak membuangnya di tong sampah.

Baterai tidak boleh dibuang ke tong sampah agar tidak tercampur dengan sampah organik yang tidak berbahaya. Baterai adalah barang yang tidak bisa dibuang begitu saja, melainkan harus didaur ulang.

Kenapa harus didaur ulang? Sebab, salah satu kandungan baterai adalah mangan.  Mangan sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika kadarnya berlebihan akan menyebabkan keracunan dan menimbulkan penyakit kronis salah satunya adalah parkinson.

Ide 3

Kaleng semprot bekas seperti kaleng pengharum ruangan, kaleng parfum, kaleng obat nyamuk semprot, hingga kaleng gas kompor portable (kompor camping) juga tidak boleh dibuang sembarangan.

Kaleng-kaleng tersebut dapat meledak. Jika kamu tidak mencampurnya dengan sampah lain, tukang sampah yang mengangkut sampahmu bisa saja membakarnya tanpa tahu bila ada kaleng berbahaya pada sampah tersebut.

Jika sampah kaleng lebih dari satu, akan terjadi ledakan yang besar  hingga mengakibatkan kebakaran.

Ide 4

Minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit maupun kelapa biasa ternyata termasuk dalam kategori limbah berbahaya dalam rumah karena ia bisa  menghambat saluran air. 

Oleh karena itu jika ada minyak bekas, jangan membuangnya melalui bak pencuci piring, wastafel maupun jamban toilet. Buang lah minyak bekas pada tong sampah maupun ke tanah. 

Ide 5

Deterjen, terutama deterjen bubuk memiliki kandungan yang berbahaya bagi pengurai (sejenis bakteri yang berfungsi untuk membusukkan kotoran manusia dan hewan di dalam tanah dan menjadikannya nutrisi bagi tanaman). 

Jika pengurai mati maka kotoran manusia dan hewan akan musnah dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini bisa membuat WC mampet maupun menimbulkan aroma tidak sedap dari area septic tank.

Supaya pengurai tidak mati, jangan pernah membuang air sabun ke dalam jamban karena saluran buangan air biasanya berbeda dengan saluran septic tank. 

Sekarang kamu sudah tahu apa saja limbah berbahaya dalam rumah maka mulai sekarang kamu mesti memisahkan limbah-limbah tersebut dari sampah lain. 


Belum ada Komentar untuk " Kamu Wajib Tahu Daftar Limbah Berbahaya Dalam Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel