6 Desain Rumah Kaca yang Cocok Dibangun di Indonesia

Sanowae-Desain rumah kaca adalah sebuah desain rumah yang dibuat agar rumah mendapatkan banyak cahaya matahari maupun cahaya bulan. Selain itu, rumah dari kaca akan memudahkan kamu yang mendapatkan listrik dari panel surya.

image source; home.co.id


Tapi, karena kamu tinggal di Indonesia, setelah memperhatikan segala aspek kalau dipikir-pikir memiliki rumah dengan desain kaca bukan ide yang bagus. Jangan sedih dulu, kamu tetap bisa membangun rumah kaca kalau kamu menerapkan tips mendesain rumah dari kaca berikut. 

6 Tips Desain Rumah Kaca Supaya Nyaman Ditempati

Ide 1

Banyaknya cahaya matahari yang masuk ke rumah bukan cuma akan membuat rumah menjadi terang, tetapi juga akan membuat rumah terasa panas. Menyalakan AC saja nggak cukup karena AC cuma mendinginkan udara, nggak akan mengurangi silau pada mata. 

Supaya rumahmu sejuk secara alami dan nggak silau saat siang hari maka buat lah taman di dalam rumah.  Lebih bagus lagi kalau taman berada di tengah rumah, bukan di bagian belakang maupun samping.

Selain itu, kamu juga bisa menanam tanaman merambat seperti pohon sirih maupun bunga mandevilla karena tanaman tersebut berfungsi sebagai gorden alami

Ide 2

Kalau semua dinding dibuat dari kaca maka nggak akan ada privasi di rumahmu. Bila kamu sangat menjaga privasimu maka ruangan-ruangan tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga sebaiknya tetap menggunakan dinding batu maupun kayu.

Pada ruangan-ruangan privasi tersebut, berikan kaca secukupnya seperti cukup menjadi sebuah jendela yang nggak begitu  besar. 

Ide 3

Di negara-negara maju, orang-orang yang nggak memiliki garasi bisamemarkir mobil mereka di pinggir jalan di depan rumah mereka bahkan mobil mahal sekalipun. Sementara di Indonesia, sandal di masjid saja hilang.

Artinya, tingkat keamanan di Indonesia begitu rendah sehingga kalau rumahmu terbuat dari kaca maka akan mudah dibobol maling. Supaya maling nggak berhasil menerobos ke rumah maka berilah teralis pada setiap kaca, termasuk dinding dan atap kaca. 

Ide 4

Kalau kamu ngotot untuk tetap menggunakan kaca untuk seluruh ruangan di rumahmu, termasuk dinding dan jendela kamar tidur maka sebaiknya gunakan kaca satu arah agar privasimu tetap terjaga. 

Ide 5

Ingin mendapatkan banyak cahaya matahari, tetapi nggak yakin untuk menerapkan kaca ke seluruh bagian rumah? Kamu bisa menerapkan kaca untuk atap rumah saja. 

Itu pun, nggak harus seluruh atap dibuat dari kaca. Cukup terapkan pada area-area penting yang kira-kira memerlukan banyak cahaya seperti dapur, gudang, ruang tengah, garasi, taman, dan ruang menjemur pakaian. 

Ide 6

Ingin  desain rumah kaca yang terlihat unik? Terapkan juga kaca sebagai lantai rumah. Di bawah kaca bisa dibuat kolam ikan yang mengitari seluruh rumah. Dengan begini kamu akan merasa jalan di atas air.

Kalau kamu menerapkan tips-tips desain rumah kaca tersebut, kamu nggak perlu ragu dan khawatir untuk membangun rumah dari kaca di Indonesia karena rumahmu akan terasa nyaman dan aman



Belum ada Komentar untuk "6 Desain Rumah Kaca yang Cocok Dibangun di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel